Pengharum Ruangan Jakarta

Pengharum Ruangan Kopi

Aroma kopi panggang (roasted coffee) seperti menjadi salah satu aroma favorit yang disukai oleh banyak orang. Hal tersebut tak jarang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan pengharum ruangan kopi. Bagi Anda yang ingin membuat pengharum ruangan sendiri dari bahan kopi, ada cukup banyak pilihannya, mulai dari meletakkan biji – biji kopi panggang pada beberapa sudut ruangan, atau memprosesnya menjadi lilin aromaterapi dengan aroma kopi yang semerbak. Berikut ini adalah beberapa ulasan dan cara membuat pengharum ruangan kopi berupa lilin :

Mempersiapkan dahulu alat dan bahan yang diperlukan

Sebelum mulai membuat pengharum ruangan sendiri dengan aroma kopi yang sangat khas, Anda dapat memulainya dengan mempersiapkan alat dan bahan yang Anda perlukan. Beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat lilin aroma kopi ini antara lain :

Kaca gelas / vas ukuran kecil sebagai wadah lilin, lilin atau wax dalam jumlah secukupnya sesuai dengan banyak lilin aroma kopi yang ingin Anda buat, dan tentunya sumbu lilin dan biji kopi. Selain itu Anda juga memerlukan cawan dan cat semprot.

Mulai dengan mewarnai wadah kaca / vas yang akan Anda gunakan

Wadah kaca / vas yang akan menjadi wadah dari pengharum ruangan kopi Anda ini perlu dipoles sehingga memiliki tampilan yang menarik. Pertama, tentu Anda perlu mewarnainya dengan cat semprot sesuai warna yang Anda inginkan. Bagi Anda yang menyukai kesan vintage, tidak ada salahnya memilih warna seperti broken white atau abu muda dan memilih cat semprot dengan tekstur batu agar tampilannya lebih natural.  Step ini pun juga dapat Anda lewati bila Anda tidak ingin repot – repot mengganti warna wadah kaca / vas bening Anda.

Baca Juga :

Wadah kaca / vas yang Anda pilih pun bebas, mulai dari ukuran kecil maupun ukuran sedang hingga besar. Selain itu, karena lilin dengan aroma kopi yang Anda buat sendiri tentu membebaskan Anda untuk menggunakan wadah dalam berbagai bentuk, mulai dari gelas polos berbentuk lingkaran, maupun bentuk – bentuk unik lainnya. Sehingga selain digunakan sebagai pengharum ruangan, lilin – lilin aroma kopi ini dapat sekaligus menjadi penghias interior untuk mempercantik sudut ruangan Anda.

Lelehkan lilin dan siapkan kopi

Langkah selanjutnya adalah melelehkan lilin / wax yang telah Anda siapkan. Lilin atau wax dapat Anda potong – potong dengan ukuran kecil untuk memudahkan dan mempercepat proses pelelehannya. Bila telah selesai memotong – motong lilin, Anda dapat segera meletakkannya pada cawa untuk dilelehkan. Agar lebih praktis, Anda dapat memanfaatkan microwave untuk melelehkan lilin selama kurang lebih 30 detik.

Sementara untuk biji kopi yang telah dipanggang (roasted coffee), Anda perlu untuk menggilingnya terlebih dahulu sehingga menjadi bubukan lebih halus. Untuk cara yang lebih sederhana, Anda dapat menggunakan kopi bubuk yang banyak dijual di pasaran. Takaran kopi pun tergantung seberapa besar ukuran gelas kaca atau vas yang Anda gunakan. Bila Anda menggunakan wadah yang besar, bubuk kopi yang Anda perlukan tentu semakin banyak.

Masukkan lilin dan kopi secara bergantian

Langkah selanjutnya dalam membuat sendiri pengharum ruangan kopi berupa lilin adalah dengan mempersiapkan wadah dan meletakkan sumbu pada bagian tengahnya. Anda lalu dapat mulai memasukkan sedikit lilin yang telah meleleh, kemudian setelah bagian atasnya mulai kering, Anda dapat menimpanya dengan bubuk kopi, kemudian memasukkan kembali lilin yang meleleh. Ulangi membuat lapis demi lapis lilin kopi Anda hingga lelehan lilin habis atau telah mencukupi kebutuhan wadah kaca Anda. Biarkan lilin benar – benar mengering dan solid dalam waktu 1 – 2 jam, sebelum Anda menggunakannya.

Lilin pengharum ruangan kopi ini dapat mengeluarkan aroma khas kopi saat Anda mulai menyalakannya, dan saat Anda tidak sedang memerlukannya, Anda dapat dengan mudah mematikan apinya sehingga lilin dapat membeku kembali dan dapat Anda gunakan lagi kemudian hari.